Manfaat Daun Sirih Yang Menakjubkan

Sirih adalah daun dari tanaman sirih yang merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh bersandar atau merambat di pohon lain. Daun dan buahnya biasa dimakan dengan cara dikunyah bersama kapur, pinang dan gambir. Namun hal ini dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan juga pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. Baca juga manfaat daun sirih merah.
Manfaat daun sirih

Manfaat Daun Sirih Yang Menakjubkan

Minyak atsiri pada manfaat daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), zat samak, gula, pati, diatase, dan seskuiterpen, dan kavikol yang mempunyai daya mematikan kuman, fungisida, anti jamur dan antioksidasi. Daun sirih juga bermanfaat untuk menghilangkan bau badan yang ditimbulkan cendawan dan bakteri. Sirih juga dapat menahan pendarahan, gangguan sistem pencernaan dan menyembuhkan luka pada kulit sobat.

Daun sirih juga bersifat mengerutkan, meluruhkan ludah, mengeluarkan dahak, menghentikan pendarahan dan hemostatik. Untuk mengobati hidung berdarah, biasanya digunakan dua lembar daun sirih segar, lalu dicuci kemudian digulung dan dimasukkan kedalam lubang hidung. Dan juga, kandungan bahan aktif kavikol dan fenol daun sirih hutan juga dapat digunakan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.
khasiat daun sirih


Khasiat Daun Sirih

1. Menghilangkan bau badan, ambilah 2-3 lembar daun sirih lalu direndam dengan air panas setengah gelas, campurkan 1 sendok teh gula putih, biarkan sampai airnya hangat lalu diminum.

2. Menghilangkan bau mulut, daun sirih juga bisa digunakan untuk mengobati bau mulut yang disebabkan oleh bakteri mulut ataupun kerusakan gigi dengan cara di kunyah. Cara nya ambil daun sirih lalu dicuci hingga bersih, di kunyah lalu biarkan beberapa menit di dalam mulut, kemudian di buang. Sobat bisa melakukan ini 2 sampai 3 kali sehari. Cara lainnya yaitu sobat ambil 5-6 daun sirih lalu direbus dengan 2 gelas air mendidih, dinginkan lalu di saring, berkumurlah dengan air tersebut setiap pagi dan sore.
manfaat khasiat daun sirih

3. Mengobati Diare, sobat ambil 4-6 lembar daun sirih dan 6 biji merica, dan satu sendok makan minyak kelapa, sobat tumbuk semua bahan tersebut bersama sampai bahan halus, setelah itu gosokkan pada perut.

4. Mengobati Mimisan, ambil lah 1 lembar daun sirih lalu digulung dan di masukkan ke lubang hidung agar menyumbat aliran darah yang keluar saat mimisan.

5. Mengobati alergi gatal gatal, ambillah 6 lembar daun sirih, 1,5 sendok teh minyak kayu putih, dan 1 potong jahe kuning. semua bahan tanah bersama sama sampai halus, lalu di gosokkan kepada bagian tubuh sobat yang alergi gatal.
manfaat daun sirih

6. Bronkitis, sobat ambil lah tujuh lembar daun sirih dan juga satu potong gula batu, cincang lah daun sirih sampai halus, lalu direbus dengan gula batu bersama dua gelas air sampai mendidih dan tinggal satu gelas, lalu sobat saring, air rebusan sobat minum 3 kali sehari, masing-masing dengan tiga sendok makan.

7. Radang Tenggorokan, sobat rendam tiga lembar daun sirih dalam segelas air panas, setelah air tersebut dingin, gunakan airnya untuk berkumur dengan kepala mengadah ke atas dan rasakan airnya sampai ke pangkal tenggorokan. sobat lakukan ini 3x sehari. 
Title : Manfaat Daun Sirih Yang Menakjubkan
Description : Sirih adalah daun dari tanaman sirih yang merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh bersandar atau merambat di pohon lain. Daun dan buahn...

0 Response to "Manfaat Daun Sirih Yang Menakjubkan"

Post a Comment